My page

Sepotong kenangan, selintas kegalauan, setumpuk kebahagiaan, sedikit kekecewaan. Tau pensieve di Harry Potter? Tempat menyimpan kenangan seseorang? And this is my Pensieve, enjoy :)

Senin, 20 Agustus 2012

Maaf-memaafkan (in my sotoy opinion)

Selamat Idul Fitri semuaaaa, maaf lahir batin yaa..
Eh, apa iya ucapan idul fitri segampang itu? Tinggal bilang mohon maaf dan *blasss* semua kesalahan termaafkan.
Mungkin emang itu yang selama ini terjadi di hidup gw, tapi entah ya tahun ini berasa beda. Meminta dan memberi maaf terasa sangat sulit. Hmm..

Mungkin orang berfikir, siapa sih lo riez? Bisa-bisanya sulit buat ngasi maaf ke orang, sementara Alloh aja ngasi ampunan buat hamba-Nya yang bener-bener bertobat. Yatapi buat gw, disinilah intinya. Gw ini cuma manusia biasa, mungkin bisa sabar, tapi rada sulit memaafkan, dalam tanda kutip memaafkan orang yang udah bikin gw kecewa, ngebohongin gw, dan ngerusak kepercayaan gw. Semua yang dulu disangkal habis-habisan toh kini faktanya terungkap semua, tanpa gw harus cari tahu atau apa. Semua muncul sendiri di hadapan gw, dan semua itu ngga lain cuma memberi gw alasan tambahan buat ngga munafik terjebak dalam kebudayaan maaf memaafkan selama lebaran, bukan tulus dari hati.

Ngga perlu lah gw jelasin lengkapnya di sini, gimana pun ini media bebas dan terbuka. Gw ga mau kalo tulisan gw malah mempengaruhi orang lain yang kenal sama gw atau tau persis orang yang gw maksud. Cukup lah sakit hati gw rasain sendirian aja, jadi tenang aja, nama kamu masih baik koq di mata orang-orang.
Terlihat lemah atau mellow, karena gw yakin semua orang pasti pernah mengalami masalah yang sama. Malahan mungkin ini cuma seujung kuku yang akan dianggap 'yaelaaah, gitu doang aja, lebaaay'. 
Mungkin, tapi realita buat tiap orang beda-beda. Masalah pun beda-beda, jadi kalau masalah gw terlihat lebih ringan dari masalah orang apakah itu salah gw? Kalau keluarga gw masih komplit dan baik-baik aja apa itu salah gw? Apa kalau pekerjaan gw lebih baik dari orang lain itu salah gw? Apa kalau gw masih punya kelebihan penghasilan (yang mana udah gw sisihin buat orang lain) terus gw pake buat nyalurin hobi itu salah gw? Aah..sudahlaah, semuannya ga akan selesai kalau terus-terus dipertanyakan atau mencari kesalahan.
Memaafkan atau ngga, itu urusan pribadi gw sama Alloh. Kata-kata bukan penanda seseorang memaafkan atau ngga, bisa jadi gw bermanis-manis bilang mohon maaf lahir batin, tapi hati gw busuk. Atau bisa aja gw diem serapat power glue, tapi dalam hati gw udah memaafkan.

Well, gw tau semua itu proses. Gw tau, semua ini bikin gw jadi manusia yang lebih dewasa dalam pemikiran dan emosi. Gw tau idul fitri ngga semudah proses puasa, thr, lebaran, makan ketupat, salam-salaman dan kita bersih dari dosa gitu aja. Pertama-tama tentunya gw harus berdamai sama diri sendiri.
Published with Blogger-droid v2.0.6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar