My page

Sepotong kenangan, selintas kegalauan, setumpuk kebahagiaan, sedikit kekecewaan. Tau pensieve di Harry Potter? Tempat menyimpan kenangan seseorang? And this is my Pensieve, enjoy :)

Kamis, 19 September 2013

Green Canyon, What a (wet) day.

Tema traveling gw berikutnya kayaknya ga bakal jauh dari aer. Kali ini gw dan teman-teman bakal menyambangi (menyambangi itu siapanya menjenggoti ya?) suatu tempat (lagi-lagi) di selatan Pulau Jawa. Kali ini ga di Banten sih, tapi rada ke timur dikit, Pangandaran, Ciamis. Tepatnya Green Canyon, eh bener kan Green Canyon adanya di Ciamis? Yap, sepertinya begitu.

Lanjut, gw pertama tau Green Canyon ini dari artikel traveling yang akhir-akhir ini emang buanyaaaakk banget bertebaran, baik di dunia maya, pingkan, mulan maupun meichan (garing sumpah riez). Selain artikel traveling, nyatanya tempat ini emang sering banget muncul di tipi. Yah tau deh, sekarang tiap weekend yang namanya tipi nyuguhin cara jalan-jalan, makan-makan, yagimana gw ga kepengaruh coba? Sapa jadinya yang salah kalo gini? huh. Buat yang belom tau penampakkannya green Canyon kaya gimana, sok coba digoogling, hihi (dipentung).

Nih, gw bantuin deh Googling Green Canyon...
Bohong banget kalo ngga ngiler ngeliat yang beginian.
Yes, dan gw emang ngiler banget. Pengen banget nyemplungin kepala yang kayaknya udah berasep siap gosong saking mumetnya. Kenapa mumet? 1) Udah lama ga jalan sejak terakhir ke Sawarna, 2) Refreshing dong ah, ngilangin bete berkepanjangan setelah hati berantakan sekitar sebulanan terakhir (waktu itu). Waktu itu loh, waktu itu!! (iye, segitunya riez).
Maka, tersebutlah sebuah email itinerary dari temen gw Eka, dan tebak dong kemana? Yap Green Canyon. Jadi beginilah kira-kira isinya..

Gambaran Itinerary Green Canyon, sharing cost ajaaah

Jadi, kemaren ini kita kita Green Canyon dengsn sistem sharing cost. Opo kui? yah intinya patungan lah, kalo kurang ya nambah, kalo kelebihan dibalikin. Jadi kemaren estimasi (aih sedap bahasanya) biaya perjalanannya adalah sebagai berikut,
Ongkos Bus Jakarta-Pangandaran, AC Rp 120.000 (harga normal)
Sewa 2 angkot + biaya parkir per hari Rp 600.000, per orang Rp 25.000-30.000 (tergantung jumlah peserta)
Biaya masuk Green Canyon Rp 75.000/perahu/5 orang/45 menit + perpanjangan waktu untuk body rafting ke puncak GC Rp 150.000/perahu, masing-masing Rp 45.000.
Biaya body rafting (Lifevest, guide, dll), Green Valley Citumang Rp 60.000/orang

Yaaa..segitulah kira-kira. Kurang dan lebihnya mohon maaf lahir dan batin aja deh. Oiya ngomong-ngomong tentang maaf lahir dan batin, seinget gw waktu itu baru seminggu atau 2 minggu abis lebaran, jadi ongkos Kp. Rambutan-Pangandaran masih kena tuslah, so jatohnya lebih mahal. 

Next, kita cao harusnya jam 8. Tapi berhubung bisnya ga muat, jadilah kita ngikut bis setelahnya. Sekitar jam setengah sepuluh deh dari Kp. Rambutan (eh iya ngga yah?). Lupa-lupa inget bho, udah setaun sih ya, yang jelas gw inget masuk tol pasar rebo jam 10 malem.

Acara di bis ngapain? ya tidur dong. Oke, jadi kmaren ini gw salah strategi. Berhubung kemana-mana gw paling nyaman bersendal jepit, maka jadilah kemaren ini juga. Ya iya siiih, kan mau nyemplung main air ngapain juga pake sepatu buat hiking ato trekking? Emang iyah, masalahnya dengan ga pake sepatu gw juga ga bawa kaos kaki, yang mana sesungguhnya merupakan barang super penting kalo lo mau pergi malem hari dengan bis malem, aaaakkk i was freezing. Mana suasana hati juga lagi dingin, udahlah itu gw membeku luar dalam, tanpa ada seorang pun yang memperhatikan, tanpa ada... *plakkk* (episode meratap ini dicukupkan sampai di sini). 

Okeh, mari kembali ke bis. Seperti hidup kupu-kupu yang mengalami fase telor - ulat - kepompong - kupu-kupu, perjalanan ke suatu tempat pun mengalami hal yang sama tidur-bangun-tidur-laper-makan-tidur-kebelet pipis-tidur sampe akhirnya sampe ke tempat tujuan (entah kenapa analoginya sama metamorfosis). Maka kira-kira inilah tempat-tempat dimana gw tersadar dari tidur di bis yang dingin, sedingin *plakkk* (haduh, hampir mulain lagi).
- Rest area tol Cipularang (kemudian bobo)
- Garut (masih lanjut tidur)
- Somewhere dimana bis stuck kena macet (etdahh, pake macet..lanjutin tidur)
- Masih stuck kena macet (ya ampuun parah juga macetnya)
- *dua jam kemudian* Paling maju 100 meter dari posisi macet yang pertama (aaaaakkkkk..mulain setress) *jambakin kenek bis sama supir bis yang ngerokok*

Usut punya usut, ternyata dini hari waktu itu terjadi kecelakaan yang melibatkan tergulingnya sebuah truk container di jalur sempit dan berliku-liku tersebut. Dan kenapa kemana pun gw pergi masih aja berhubungan sama yang namanya container? Ga cukup di kantor saja kaaah? Kenapaaahh? (mulai gila). Karena keterlambatan ini, jadwal kita jadi ngaret. Yang harusnya jam 6 udah sampe pangandaran, ini jam 9 baru masuk pangandaran dan sarapan, eh makan pagi deng soalnya porsinya banyakkk. 

Perjalanan dilanjutkan dengan angkot. Jalan dari pangandaran ke green canyon lumayan siih, iye lumayan rusak maksud gw. Tapi ga terlalu masalah, setengah jam kita udah sampe sana. Untunglah waktu itu ke sana lagi musim panas, jadi mendekati green canyon kita bisa liat sungai di sepanjang jalan warnanya beneran ijo. Rasanya udah pengen nyemplung ajah itu, kalo kata iklan-iklan online gitu sih 'as you seen on tv', mirip banget kaya yang di tipi..aaakkk mamahhh aku mau nyempluuuung.

*15 menit kemudian*

Rombongan udah siap dengan kostum basah-basahan, serta olesan sunblock (bho, mataharinya baru dicharge, panas bet). Jadi mekanismenya gini, kita beli tiket or daftar lah yaa ke tiket box perahu. Ntar dikasi  nomer antrian perahu, satu perahu maksimal diisi 5 orang plus mamang perahu sekaligus guidenya jadi 6, eh kemaren mamangnya gendut diitung 7 jadinya (may day may day, kapal oleng kapten). That's why jumlah peserta dibatasi kelipatan lima, akhirnya misteri ini terpecahkan juga (eh, ga misteri-misteri amat sih). Setelah nunggu sekitar 10 menit, akhirnya gw sama temen-temen dapet perahu..horeee


Suasana di jalur pemberangkatan dan kedatangan perahu
Langit biruuuu, awan putiiiiih, air hijaaauu
Here we are...akhirnya kita berayun2 di perahu. Setelah berjam-jam di jalan, dan panas2an di angkot, nyentuh air juga. Jangan disangka karena posisi deket dengan laut airnya bakal anget kaya aer laut, dingiiinnn. Perjalanan dengan perahu dari awal keberangkatan sampai spot nyemplung sekitar 15 menit. Kanan-kiri pohon, air ijo, angin sepoi-sepoi plus percikan air yang sampe ke kulit, bener-bener bikin pikiran jadi plooong banget. Gini nih kira-kira view yang bakal lo dapet sepanjang perjalanan.

Air ijooo
Sepanjang mata memandang, ijooo
Mulai masuk ke area goa
Nah, semua perahu bakal berenti di pintu goa ini. Eh, sebenernya ini goa apa bukan ya? yah pokoknya, suatu tempat semacam goa gitu tapi ga tertutup, tapi ada atapnya gitu, tapi begitu masuk sebelah sananya bolong ga ada atapnya (dikeplakin dari segala arah). So, mending datengin sendiri deh biar jelas, hehe.. 

Sampe sini ga mungkin lo ga pengen nyebur, warna ijonya ngegoda banget. Terus lo nyebur riez? ya iyalaahh. Dinginnya original, ga pake KW, sumpah, banget (iye gw lebay). Wanna prove? hampir semua gambar yang gw capture pake kamera water proof gw blur, kenapa? brrrrr..kedinginannnn, ngambil gambarnya jadi gemeterannn.


See, salah satu foto jepretan gw yang blur gara-gara kedinginan
Salah satu spot terkenal di Green Canyon ini adalah tebing batu buat loncat yang tingginya sekitar 7 meter, iyah 7 meter aja sodara-sodara. Tapi batu loncatan ini bener-bener dipake buat loncat yaa, bukan buat nyoba aja cari pengalaman sekitar 2-3 bulan trus resign karena dapet tempat kerja baru (laaahhh, buka batu loncatan itu maliiihhh!!). Next, untuk sampe di spot ini kita perlu berenang sekitar 50 meter. Ahsik berenang. Ga usah khawatir ga bisa berenang, kita dikasi pelampung kok jadi pasti ngapung, ya kecuali pelampungnya lo taro aja sih di kapal. Trus ada tali yang dibentangkan sepanjang aliran sungai, jadi kalo males berenang-renang lucu lo bisa pegangan tali sambil nyusurin sungai. 

Ini tebingnya, 7 meter aja loh
And the question is, lo loncat ga riez? Gw? ya engga laaahh, ga beraniiii. Hehe, sumpah kali ini beneran gw ga berani, belom cukup niatnya. Yaah ga anggap aja sebagai utang, so biar next time ada alesan buat ke sini lagi, 'kan gw belom loncat dari tebiiing', gituuuh..(ngeles aja terus kaya ojek).

Udah puas basah-basahan dan dingin-dinginan di sini, akhirnya kita balik ke perahu. Kelamaan antrian panjang bho. Udahan nih? pulang nih? ya ngga laah, petualangan belom selesai pemirsa, kita bakal menuju spot body rafting selanjutnya, Citumang River, ihiiiiyyy...

Citumang ini lokasinya sekitar 20-30 menit (lupa euy) dari Green Canyon. Yap, masih dalam kondisi basah-basahan, selamat datang masuk angin (cemilin tolak angin). Setelah turun angkot, perjalanan masih dilanjutkan dengan jalan kaki, yaah ga jauh sekitar 10-15 menit aja. Yang bikin lama yaa karena sambil jalan banyak berentinya sambil poto-poto.

Pasukan basah-basahan menuju Citumang
View kanan-kiri ke Citumang
Jadi ada apa aja di Citumang? ada air dooong, namanya juga sungai, hehe (dikeplak). Pertama nyebur, airnya masih cetek eh dangkal (kali ga ngerti cetek gitu). Ada goa beneran di sini, di dalemnya ada spot buat laoncat lagi, dengan catetan klo lo mau. Karena kali ini tingginya ga main-main, 12 meter aja sih (mati gue), trus lo loncat riez? ya ngga lah, yang 7 meter aja gw jiper apalagi yang 12 meter. Etapi jangan salah, gw loncat juga kok di dalem goa, batu loncatan ini ada versi ceteknya, ehem satu meter aja sih, ehehehe. Oiya ada satu mitosnya, kata pemandu kita klo cuci muka pake air di dalem goa bisa awet muda, ahsiiiikkk (telen sekalian sampe kembung). 

Lokasi di dalem Goa yang airnya bisa bikin awet muda, ihiy..
Setelah kembung-kembungan di dalem Goa, perjalanan selanjutnya adalah menyusuri sungai lewati lembah. Baru keluar dari goa langsung ketemu jeram yang yaah lumayan sih tingginya, 4 meter aja. Tapi lumayan juga lama mikirnya, loncat ngga loncat ngga loncat ngga loncat engg.. jeburrrrr (keburu dijorokin, kelamaan mikir).
Spot jeram loncatan kedua
View jeram dari bawah
Setelah nyemplung, kita nyusurin sungai lagi dong. Sumpah airnya dingiinn, enak, adem, bikin segerrr luar dalemm. Nah, setelah itu masih banyak spot-spot yang enak banget buat loncat. Pendek siih, tapi tetep aja seru (bilang aja ga berani kalo yang tinggi).

(masih) Spot buat loncat-loncatan
Daaann..setelah semua spot loncat-loncatan dan sungai yang berarus tadi, akhirnya kita sampe juga di sungai yang lebaarrr dan tenang arusnya. Pertama-tama sih asik, cuma kelamaan di air juga bikin gw pegel-pegel (dan masuk angin tentunya). Total waktu menyusuri Citumang ini sekitar 2 jam, total panjangnya berapa meter gw lupa, eh emang ga ngukurin juga sih. 
Spot akhir body rafting
Okeh, it's a wrap. Perjalanan di Green Canyon dan Citumang berakhir di Januariii (salah lagu woyy). Jadi gitu deh kira-kira seru-seruan main air di Green Canyon, sebenernya masih ada satu tempat lagi di pantai batu hiu. Tapi apa mau dikata, waktu udah kesorean banget dan ga sempet kesana.

Tenaaang, masih ada petualangan selanjutnya. Dilanjuuutttt? tariiiikkk...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar