My page

Sepotong kenangan, selintas kegalauan, setumpuk kebahagiaan, sedikit kekecewaan. Tau pensieve di Harry Potter? Tempat menyimpan kenangan seseorang? And this is my Pensieve, enjoy :)

Minggu, 28 Juni 2015

Diy face treatment (Part 1)

Hah, apalagi ini diy kok buat face treatment?
Jadi gini, ternyata pinterest tidak hanya meracuni gw dengan otak atik segala macam pernak pernik dan layout kamar. Tapi mulai merambah di dunia kecantikan..etdahh, bahasa gw.

Ternyata mata gw baru terbuka kalo orang di luar sana banyak yang udah mulai beralih ke perawatan kecantikan alami, i mean alami adalah dalam arti sebenernya, bukan sekedar buat masker kaya yang biasa gw bikin. Mereka ngeracik bahan alami dari dapur atau beli bahan mentahnya aja buat dibikin produk sendiri. Dari mulai facial wash, toner, moisturizer, serum, foundation sampe bedak dan sunscreen. Hah, kebayang ga lo? Kalo gw sih jujur ngga sama sekali. 
How could we make something like that? Is it save? Is it work?

But hey, buat tau ya kudu dipraktekin (dengan konsekuensi muka sendiri jadi bahan uji coba).

Sebenernya, ketertarikan gw ini bermula ketika dokter muka gw (baca : sepupu sendiri) berencana pindah ke Bengkulu. Kenapa akhirnya gw memutuskan buat pake krim dokter? that's a long story, maybe i'll post it later. Lah ini jadinya jalan mundur dong, piye toh riez? 

Iseng-iseng eksperimen buat diri sendiri ini udah lumayan sering gw lakuin sih, biasanya ya sekedar maskeran aja pake lemon, madu, yoghurt sampe stroberi. Alhamdulillah ga pernah konsisten, jadi ga keliatan juga hasilnya (gedubrak). Yang ada malah jerawat makin jadi. Hehe, oke masalah jerawat emang udah teratasi karena di treatment pake krim dokter. But, as you know, dengan berhentinya kita dari krim semacam itu, kadang kondisi kulit bakal balik lagi (in my case, jerawat). Tapi untungnya, sebelum total berenti, sepupu gw cuma ngasi serum vitamin c sama sunblock aja buat siang, plus tambahan satu krim malam. Biar ga ketergantungan katanya, and it's work. Setelah krim malam mulai ga dipake, jerawat ga balik lagi, mungkin pas lagi pms (pre menstruation syndrome) aja.

Okay, back to the topic. Gw entah gimana caranya mau buat toner sama moisturizer. Hah, pede gilaa.

Sebelum bikin moisturizer, yang ternyata bahan utamanya adalah minyak2 alami dari berbagai jenis tanaman yang gw blom pernah denger namanya, ato bahkan ga kepikiran bisa bermanfaat buat kulit, gw bikin yang gampang dulu, toner. Dan referensi pembuatan toner gw dapetin di sini. See, bisa diliat kan kalo bahannya ini gampang banget. Gw tinggal pergi ke supermaket terdekat buat beli green tea bag sama lemon aja. Emang gampang sih, campur campur dan tadaaaaa...udah jadi.


Green tea sama lemon (source : http://healthmeup.com)

Satu masalahnya, gw ga pernah pake toner buat muka (gedubrak).

Maka jadilah gw bingung, ini  barang pakenya kapan? Menurut petunjuk sih, abis cuci muka. So, i did it. Setelah beberapa hari pemakaian, kok perasaan muka gw ga berkurang ya jerawatnya. Mungkin efeknya ga langsung instan, karena ini kan bahan natural nan alami gituu loh. Lo aja yang ga sabaran riez. Tapi emang gw ga liat perubahan di muka gw sih, yang ada malah nambah jerawat. Gw langsung dengan kesimpulan, okay produk ini ga cocok di muka gw. And i stopped. Just like when i used shea butter for my face, the pimples grew fast. Entah lah, mungkin gw ga cocok pake produk alami, hiks hiks *jongkok sambil urek-urek tanah*. Karena begitu gw stop, kok ya ilang jerawatnya, aku cedih.

Tapi ini belum berakhir, may be i had to try another recipe. Karena si pinterest ini kan emang bikin kita pinter ya, dia ngasi banyaaak banget pilihan, ihiy. Jadilah gw coba resep lain, dengan timun. So here's the recipe, kalo timun sih gampang, yang rada susah mungkin witch hazel extract. Hah, opo iku witch hazel? Gw pun baru tau kalo benda satu ini ternyata bagus buat muka, diantaranya buat ngilangin iritasi muka apalagi kalo peradangan karena jerawat. In case you want to know the benefit and how to get witch hazel, you can find it here. Setelah jadi, gw pake lah ini jus timun+hazel di muka. So how's progress? biasa aja ternyata. Mungkin emang ini judulnya cooling toner ya, jadi ya tetep kaga ngaruh buat ngilangin jerawat gw. Jerawat masih nongol dan masih nambah sih. Plus, gw ga suka baunya si timun ini. Trus akuuh gagal lagiih, cediiih.

Timun sama witch hazel

Kali ini gw nyoba lemon dan witch hazel, reserpnya ada di sini. Tujuannya biar brightening gitu di muka, trus lemon sama witch hazel itu kan bagus buat ngurangin jerawat. Nah ini lumayan, muka gw ga nambah jerawat lagi. Cumaa, entah karena kebanyakan lemon jusnya ato gimana. Muka gw agak kering di beberapa tempat. Jadi terpaksa gw stop dulu, karena belom nemu moisturizer yang sesuai.

Huaaa..kenapa ga ada yang cocok, kenapaaahh? (ih lebay) *keplak*. Bukan lebay juga, cuma aneh, kok yaa pada ga cocok semua. Ini orang-orang yang pada bikin di pinterest kok cocok2 ajaa. Akhirnya gw mau nyoba satu bahan yang bikin penasaran, karena ada di hampir semua resep toner buat oily or acne pro, apple cider vinegar. So, mari kita coba di sini. Hasilnya gimana? Yap, parah yang ini. Malah tambah banyak jerawatnya. Gatau kenapa, padahal this is the best natural ingredient for oily and acne pro skin. Tapi yaudah lah yaa, gw give up kali ini. May be i shouldn't take any natural toner for my skin.

Apple cider vinegar a.k.a cuka apel (source www.goldgymregina.com)


Jadi, setelah gagal dengan toner jangan berpikir gw bakal berhenti. Karena kali ini gw bakal coba bikin moisturizer aja (makin nekaaaat). Mungkin keberuntungan bakal nemenin gw kali ini.

To be continue......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar