My page

Sepotong kenangan, selintas kegalauan, setumpuk kebahagiaan, sedikit kekecewaan. Tau pensieve di Harry Potter? Tempat menyimpan kenangan seseorang? And this is my Pensieve, enjoy :)

Minggu, 28 Februari 2016

Makan bahagia di Holycow Steak by Chef Afit

Review makanan, salah satu label yang paling jarang gw bahas. Padahal kerjaannya makan-makan mulu, nyobain ini, nyobain itu, foto makanan ini, makanan itu. Yang akhirnya cuma menuh-menuhin memori henpon doang. Kenapa gw akhirnya pengen nulis ginian lagi? soalnya lagi rajin juga review makanan di zomato. Masalahnya, kalo nulis di sana pan ga bisa panjang-panjang. Yang baca juga enek kali, mba mau review apa curcol? hahaha.. Makanya sekarang waktunya membangkitkan kembali 'food directory, yaayy..

Kali ini gw bakal ngebahas salah satu makanan yang disukai makhluk carnivora kaya kita, hah kita? gw kali sama para pemuja daging merah lainnya. Gimana udah ketebak? yup, steak.. *mendadak laper*

Salah satu steak yang paling 'happening' di Jakarta ini adalah Holycow Steak by Chef Afit. Gw tau steak ini pertama dari twitter, udah lumayan lama sih. Pertama nyobain sekitar 2 tahun yang lalu. Yang bikin steak ini ngetop menurut gw adalah wagyu. Dia ini steakhouse pertama yang ngenalin Wagyu steak dengan harga terjangkau (dibanding steakhouse beneran yang model fine dining gitu ya). Tapi jangan dibandingin sama steak-steak-an di mall, jatohnya emang lebih mahal. Tapi jangan sediiihh, harganya sebanding sama rasanya kok. Kalo anak sekarang sih istilanya 'worth it'.

Liat aja penampakkannya, dijamin bakal ngiler.

Angus Rib Eye

Hokubee Rib Eye

Jadi yang di atas adalah Angus Beef US rib eye yang dimasak medium well, served with mashed potatoes, spinach sama W sauce. Kalo yang bawah, hokubee rib eye dimasak medium, pake mashed potatoes, green beans sama mushrooms sauce.

Mari kita bahas satu-satu,

Kalo masalah daging, gw emang paling suka bagian rib eye. Komposisi daging sama lemaknya itu pas, ga kebanyakan kaya sirloin ato malah ga ada lemak sama sekali kaya tenderloin. Waktu masih newbie banget dulu selalu pesen yang well-done ato medium well. Lama-lama sekarang mulain doyan yang medium, berasa lebih juicy gimana gitu (halah bahasa apa ini?)

Selanjutnya bagian sayur. Buat pilihan sayur ada bayam sama buncis. Selain jenis sayurnya yang beda, masaknya juga beda. Yang bayem, rasanya creamy banget, gatau lagi deh itu diapain, enak banget pokoknya. Kalo buncisnya dimasak pake bawang putih, simple but totally good, renyah-renyah enak.

Next, pilihan carbonya. Ada French fries sama mashed potatoes. French friesnya gw blom pernah makan, tapi pernah icip-icip dikit. Enak, kaya rasa kentang goreng gitu (laah trus rasa apa lagi). Kenapa gw ga pernah pesen pake French fries? Karena gw terlalu cinta sama mashed potatoesnya, aaaaakkk ini enak banget. Buat orang yang suka makanan creamy, mashed potatoes holycow ini heaven banget. Enaakk, creamy gurih gitu tapi ga enek. Top markotop kalo kata Pak Bondan.

Last but not least, ada pada pilihan sauce. Di sini ada mushroom sauce, W sauce, BBQ sauce, Blackpepper sauce, sama Buddy sauce. Sejauh ini favorit gw sih mushroom sauce, buat yang suka saus model-model creamy, ini enak bangettt, bisa sampe gw koretin (what's koretin in bahasa Indonesia ya?) ya intinya saus yang di mangkok itu sampe abis lah gw cocolin sampe abis bis. W sauce juga enak n sehat, why? soalnya dia isinya daun pok-pokan yang di blend sama olive oil, gimana ga sehat tuh. Btw tau kan daun pok pok an? itu loh yang selau ada di restoran sunda sebagai keluarga lalapan. 

Daun pokpokan (gambar dari sini)
Eh namanya pohpohan deng, ternyata selama ini gw salah. Hehe..tapi sama lah initnya (ngeles teruuuss). Buat yang ga suka herbs dan semacamnya sih mungkin saus ini berasa aneh, tapi ya berhubung gw suka varian daun-daunan, saus ini enak banget. Dan W sauce sama Mushroom sauce ini adalah Chef's recommendation, so ga rugi banget buat nyobain. 

Saus lainnya gimana? Gw belom pernah nyobain yang lain, soalnya masih terlalu cinta sama mushroomnya. Tapi kalo icip-icip doang pernah. Okay, BBQ sauce nya menurut gw enak tapi biasa aja, kalo Black pepper ya rasa khas lada hitam gitu. But menurut gw lebih pedes daripada yang di pepper lunch, buat yang suka rasa-rasa pedas anget black pepper pasti suka. Nah satu lagi, Buddy sauce. Gw belom pernah nyobain sama sekali, soalnya tiap gw makan kenapa saus yang ini jarang tersedia. Gatau kenapa. Tapi kata waiter-nya mirip-mirip sama mushroom sauce gitu. Hmm..berarti ini adalah utang gw, kalo makan holycow lagi harus nyobain si Buddy sauce (ahlasaannn).

Eh tapi jangan salah, steak Holycow ini bukan jenis yang kudu makan pake saus baru ada rasanya. Soalnya kalo kita makan tanpa dicocol saus pun rasanya udah enak. Kan ada juga tuh model steak yang 'kering', kalo mau tambah yahud harus pake saus. Pernah juga sih nyobain yang kaya gini, next time gw bahas juga. 

Satu lagi, kabarnya kalo lagi ulang tahun bakal dapet steak gratis. Yes, G E R A T I S (kaga pake E keleeuuss) Tapi syaratnya, lo kudu pake mahkota ala-ala Raja gitu. Kalo gw gapapa asal dapet steak gratis (hahah, mental gratisan). Cuma sayangnya gw belom pernah ulang tahun pas kebagian sabtu/minggu, dan susah makan di sini kalo hari biasa. Keburu malem dan daerah macet cyiinn. 

Okeh, laporan makan-makan kali ini selesai. Next, gw bakal bahas makanan lainnya. 

Selamat lapaaarrrrr :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar