My page

Sepotong kenangan, selintas kegalauan, setumpuk kebahagiaan, sedikit kekecewaan. Tau pensieve di Harry Potter? Tempat menyimpan kenangan seseorang? And this is my Pensieve, enjoy :)

Selasa, 29 Mei 2012

Whoaa..Malang akhirnyaaaa..

Okay, fine ini adalah postingan super duper teramat sangat telat. Tadinya sih mau langsung dibikin ketika nyampe lagi di Jakarta setelah untuk pertama kalinya dalam umur gw menginjakkan kaki di bagian timur pulau jawa (this is such a lebay, eh?). Whatever, maksudnya ini kan perjalanan pertama gw menuju tempat yang lumayan jauh, sama sekali ga tau, dan ga sama keluarga.

First question is, kenapa Malang? Ga tau juga yaah, dari dulu gw emang penasaran banget sama yang namanya kota Malang. Yagimana ga penasaran coba, saban minggu acara jalan2 di tipi tujuannya Malang mulu, Pak Bondan makan-makan udah berapa kali tuh ke Malang, baca buku favorit gw ya tujuannya ga beda Malang juga. Jadi alangkah malangnya nasib gw kalo belom pernah sampe di Malang #Ahseek. Ya gitulah intinya. Selain itu temen-temen gw punya sodara di Malang, which mean kita ga perlu cari-cari tempat lagi buat nginep. Lumayan lah ngurangin budet, hehehe.

Kaya yang udah gw bahas sebelumnya di postingan pre-trip, ide awal bermula ketika suatu pagi yang cerah di Tanjung Priok, tiba-tiba komputer gw kedatangan pesan masuk melalui YM, dina pelakunya. Ngajak ke Bromo, nekat aja laah, biarpun cuma berdua. Kenapa bisa cuma berdua? ya soalnya kalo nunggu rame-rame, susah banget nyocokin waktu dan ujung-ujungnya pasti BATAL #DamnItsTrue. Dan kenapa Bromo? Soalnya dulu si dina udah pernah ke Malang berdua sama ani, dan ga sempet ke Bromo. Jadi bisa dibilang Bromo ini juga merupakan obsesi pribadinya dincuy (dina), huahaha *digetok dincuy*. Jadi, ketika one of my dream getting closer, semangat tiba2 muncul dalam diri gw, jiwa jalan2 keluar, dan tiap hari kerjaan gw adalah browsing. Yup, first of all buat jalan2 ke bromo buat backpackeran amatiran kaya kita adalah nyari paket tour Bromo.

Udah jadi rahasia umum lah kalo ongkos ke puncak Bromo itu mahal. Dari sekian banyak Bromo tour yang kita temuin sih rata2 berkisar antara 300-700 ribu (per orang loh yaa), tergantung berapa tempat yang kita tuju, fasilitas, dan dijemput di area mana. Ada siih yang cuma seratus ribuan, tapi entah yaa itu paket tour taun berapa. hehehe..Next, selain dincuy, gw juga ajakin eka dan nuni. And guess what? mereka semangat banget. Akhirnya daripada gw repot menyampaikan informasi dari dincuy ke eka & nuni ataupun sebaliknya, sampe gw bikinin grup di WhatsApp yang judulnya 'Ghost Project to Malang'. Bentar2, kenapa juga namanya ghost project? hehe, gw siih menganggap acara jalan-jalan ini jangan bocor dulu kemana, sampe akhirnya kita pasti berangkat. Soalnya dari pengalaman yang udah-udah, biasanya pertamanya doang nih semangatnya, ujung-ujungnya bubar jalan. Singkat kata, singkat cerita, setiap hari lah kita browsing. Mulai dari paket tour, penginapan, tiket kereta, tempat wisata. Semuanya tentu disesuain sama budget, yang mana menurut kita 1 juta per orang adalah paling mepet. Kita mulai atur strategi, kalo mau jalan-jalan yang enak dan banyak otomatis perjalanan yang biasa-biasa aja, yaah ibaratnya subsidi silang gitu deh. Kirim-kiriman email, paket mana yang murah dan banyak dan ga rugi-rugi amat nantinya buat kita (hahaha, ekonomis abis namanya juga backpacking).Untill one day, ketika eka nemu paket tour Bromo di kaskus yang cuma seharga Rp 495.000 saja sodara2. Itu udah termasuk tiket kereta pulang-pergi Jakarta-Malang, tour Sunrise n puncak Bromo, Pantai Balekambang, Coban Pelangi. Could i expect more than this? Whoaaahhh, kita seneng banget, tanpa pikir panjang langsung booking. Apalagi coba, waktu dan harganya cocok banget. Dari yang 1 juta adalah paket mepet menjadi paket lebiiiihh..

Next, ternyata persiapan yang diperluin biayanya bisa sampe harga satu kali trip sendiri sodara-sodara. Yaah maklumlah cewe, banyak printilannya dan banyak alesannya. Pertama , karena kita pergi ke daerah pantai yang super panas dan gunung yang super dingin maka baju tebel dan sunblock adalah hal wajib. Belom printilan yang model sarung tangan, kupluk, syal dan temen2nya itu. Tapi gapapalah menurut gw, this is for the first time. Besok-besok kalo mau ke gunung udah komplit peralatannya (i'm not really sure on this).Jangan lupakan tas ransel dan sepatu (ini yang bikin bangkrut sih sebenernya), hihihi. Jadi yaah tepatnya sebelum keberangkatan, kami (ehm gw sama eka tepatnya) memutuskan untuk ke Tanah Abang, belanja, hahaha..

Singkat kata singkat cerita, sampailah kita di hari H. Gw, eka sama nuni janjian di kereta langsung ke Senen. Sedangkan Dina sama Tia (temennya dina) langsung ketemuan di Senen. Bagaimana perasaan kita waktu itu? Excited sodara-sodaraaaa, akhirnya gw bisa juga ke Malang. Naek kereta Ekonomi Matarmaja pula, persis kaya di buku 5 cm, yaah biar ga ke Mahameru minimal ke Bromo dulu laah :D. Sekitar jam 2 sore kira2 rombongan Bromo mulai ngumpul di Senen. Aha ada satu yang gw lupain dari stasiun ini, the food. Friends, kalo lagi di sini usahain beli makanan dari luar deh. Bayangin dong, si nuni makan indomie telor seharga 15 ribu rupiah aja sodara-sodara, hahaha. Dan indomie seharga 15ribu adalah salah satu penyesalan terbesarnya, huahahaha.

Next, sekitar jam 2.30 sore kereta berangkat. Gimana suasana di kereta? Rame? Iya. Panas? Jangan tanya lagi. Rusuh? Pastinyaaa, 85 orang dalam satu kereta dengan tujuan yang sama, dan kebanyakan belom pernah (eh, ini analisa gw sendiri). Heboh banget.  

Penumpang kereta dan barang-barangnya
Dan ternyata gw baru tau, klo kereta jurusan Jawa timur itu ngga banyak berenti di kota-kota Jawa barat dan jawa tengah, tapi berenti di tiap kota jawa timur. Maka, kita yang tadinya udah seneng-seneng karena ternyata kereta ini ga selambat yang dikira, sedikit kecele, hehe. 

Suasana mudik pagi di stasiun errr Madiun atau Blitar yaah?

And the question is, ngapain aja di kereta? Baiklah akan sedikit gw review perjalanan sekitar errr (maap ngitung dulu) 17 jam di kereta, adalah :

1) Makan
2) Main henpon masing-masing
3) Main kartu
4) Ngobrol
5) Makan lagi
5) Tidur
6) Sholat
7) Jajan
8) Ngobrol lagi
9) Rotasi bangku
10) Bolak-balik WC
11) Tidur lagi,
dan begitulah seterusnya sampe besoknya kita sampe di kota MALANG !!!

Pamer, akhirnya menginjakkan kaki juga di Malang
Kita sampe Malang sekitar jam 7-an lah. Dan tentu yang pertama dilakuin adalah cari kamar mandi dan foto-foto. Bentuk Muka udah mirip banget sama bantal tapi tetep kudu eksis yaah. Next, acara dilanjutin dengan sarapan dan lanjut ke spot wisata pertama, Pantai Balekambang. Bagaimana perjalanannya, dan apa yang terjadi selanjutnya? Nantikan setelah pesan-pesan yang muncul entah dimana :D

To be continued... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar