My page

Sepotong kenangan, selintas kegalauan, setumpuk kebahagiaan, sedikit kekecewaan. Tau pensieve di Harry Potter? Tempat menyimpan kenangan seseorang? And this is my Pensieve, enjoy :)

Jumat, 28 April 2017

Kenapa sih pada percaya banget sama info dari grup chatting?

Okeh, judulnya kontroversi banget. Kenapa? Soalnya gw udah enek banget, kesel dengan isi grup chatting, terutama whatsapp yang makin ga jelas. Isi apakah yang makin ga jelas? 

You know, sering banget kan berkeliaran berita-berita di grup whatsapp. Isu adanya penyakit ini lah, produk itu mengandung apa lah, berita kriminal yang nakut-nakutin banget lah, info ada acara apa dimana lah, yah pokoknya yang model-model gitu. Pasti adaaa aja tiap hari yang share. Ngga di grup ini, di grup itu, di grup itu engga, di grup sono, grup sono engga, grup anu, adalah pokoknya.  Kalo satu orang minimal ada 5 grup whatsapp di henponnya, kebayang ga puyengnya kalo semua grup share info yang sama, dengan niat mulia si pengirim adalah 'sharing is caring' or 'sebarkan demi orang-orang yang anda sayangi' atau malah ada yang ngancem 'jangan sampai berhenti pada anda'. Aposeee?? *jedot-jedotin kepala ke tembok*

Jadi gini, gw ga usah deh dikirimin berita yang belum pasti gitu, giliran ada yang kasih link pas dibuka ga bisa. Or ngasi link yang pas dibuka adalah media abal-abal yang ga bisa dipastiin kebenaran infonya. Emang sebelum ngirim ga dicek dulu apa beritanya bener apa kaga? Punya google kan ya di hapenya? Oh iya sih ga sempet googling, nanti ga jadi yang paling update dong jadi penyebar informasi berharga nan berguna. Kalo keduluan orang lain gimana? ck..ck..ck..

Trus kalo ternyata member grup itu ada yang cari info sebenernya dan ketauan bahwa beritanya hoax alias palsu a.k.a kagak bener, yang ngepost itu biasanya diem, kalo yang agak mendingan sih suka minta maaf dengan alesan cuma copy dari grup sebelah, That's it, itu sebenernya masalahnya, kenapa deeh kalo ada yang ngasi info ga jelas gitu main copas dan share lagi? Pliss..gw udah eneg.

Pernah kejadian nyata di depan mata gw, lagi berdiri di bus TJ dan ada penumpang yg duduk sibuk banget sama henponnya. Bukan mo ngintip sih, lah emang kliatan gimana dong? posisi gw pas bener soalnya. Keliatannya dia nerima satu info di grup wasap, gw gtau dia udah kelar bacanya atau belom. Yang jelas, ibu ini langsung sibuk copy satu bacaan yang panjangnya ngalah-ngalahin komuter jakarta-bogor dan paste ke new message, untuk kemudian dikirim ke beberapa (baca : hampir semua) nama di contact wasapnya, send. Begitu kelar, dia buka bbm dan paste tulisan tadi ke layar baru, trus pilih lagi beberapa nama (hampir semua juga) kontak bbmnya, send. Habis itu baru deh itu henpon ditaro. 

Disini gw ga liat dia cari-cari info kebenaran berita or apalah yang dia kirim itu sebelum dikirim lagi ke segambreng temennya itu (udah kali riezz, lo aja yang ngintipnya kurang bener). Ya yaa..mudah2an demikian adanya. Dan menjelang siang gw yakin itu berita yang dia kirim udah nyebar ke segala arah, klo semua orang yang dia kirimin tadi sifatnya plek-plekan sama dia. Ga menyaring dulu info yang diterima. 

Engga, tulisan ini ga berisi pesan moral apa-apa kok. Mikir aja sendiri..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar