My page

Sepotong kenangan, selintas kegalauan, setumpuk kebahagiaan, sedikit kekecewaan. Tau pensieve di Harry Potter? Tempat menyimpan kenangan seseorang? And this is my Pensieve, enjoy :)

Jumat, 15 Februari 2013

Cirebon, dari pagi sampe malam

Hello...gw bikin Label baru di sini, Food Directory. Berhubung salah satu kedemenan gw adalah nyobain makanan enak dan aneh-aneh (just like a hundred people do), ada baiknya gw masukin makanan yang gw cobain. Sekedar rewiew aja sih, toh gw juga sering cari info tentang makanan enak-enak. Sebenernya udah lumayan banyak poto-poto makanan yang (udah gw rencanain) mau gw masukin ke blog. Tapi apalah semua rencana tinggal rencana, makanya ada baiknya kita mulain aja dariiiiiii SEKARANG!!! (biasa aja kali riez).

Jadi, sekitar 2 minggu yang lalu gw ke Cirebon. Ngga ngapa-ngapain sih, cuma main ke rumah sodara aja. Tapi kali ini asik aja gitu kita nyobain jenis makanan yang beda tiap jam makan, asiiiikkk. 

Sarapan, 
di jam-jam perut mulai laper ini buat gw lebih cocok di sebut makan pagi ketimbang sarapan. Kenapa? soalnya kalo sarapan yang ada di bayangan gw adalah makan dengan jumlah seiprit dan asal perut ga kosong. Kalo lagi jalan gini, haduuh rugi banget. Jadi, tempat pertama yang didatengin adalah EMPAL GENTONG Ibu Darma, tempatnya di daerah krucuk. Sebenernya sepanjang Cirebon itu bejejer tempat makan empal gentong, tapi dari dulu emang keluarga gw favoritnya di sini. Dimana itu? yah pokoknya suatu tempat di kota Cirebon, lokasinya di depan Taman Krucuk, sebelahnya BTN. Mungkin namanya krucuk karena kalo lewat situ ga mungkin kalo perut kita ga bunyi krucuk-krucuk ato kelaperan. Kenapa gw saranin Empal gentong ini buat sarapan? ya eyaaalaah, wong jam 10 aja udah abis, gimana ga mau makan pas pagi-pagi coba :)))

Buat yang belom tau, empal gentong ini beda banget sama empal jawa (yang penampakkannya adalah daging goreng). Empal gentong ini mirip gule, kuahnya kuning bersanten, toppingnya juga bukan seledri tapi daun kucai. Makannya pake kerupuk kulit yang ukurannya bisa segede telapak tangan, enaaakkk. Btw, sorry sorry to say nih, kemaren ga sempet poto keburu laper soalnya. Kalo penasaran bentuknya kaya apa, googling ajah (dilelepin di kuah empal).

Next, sarapan eh makan pagi berikutnya adalah nasi jamblang. Kalo nasi jamblang ini sebenernya optional, bisa dimakan pagi ato malem. Karena ya emang pagi dan malem banyak banget pedagang yang buka lapak sederhana. I mean sederhana, emang cuma gelar meja pendek yang gedeee, di depannya ada bertumpuk-tumpuk bungkus nasi yang dibungkus pake daun jati dan lauk yang segambreng banyaknya. Kita bebas milih mau pake lauk apaan, dari mulai paru, daging, cumi, ikan asin, tahu, telor, kentang, dan masih sekelurahan rombongan lauk lainnya. Jangan lupa sambel khasnya, sambelnya ga pedes soalnya cabenya diiris-iris, tapi enak. Oiya, nasinya dikit loh, model nasi kucing kaya di Angkringan gitu. Gw sih biasanya makan 2 ato 3 bungkus nasinya sekalian, hehehe. Tempat belinya dimana? banyak, salah satu yang rame bejejer itu deket Pasar Pagi, tapi kalo malem yah (nah loh?)


Salah satu kombinasi lauk favorit gw, sate kentang, tahu semur sama paru
Oiya, ada info tambahan. Kebetulan kemaren gw kembali ke Cirebon dan dapet oleh-oleh berupa tambahan informasi tentang nasi jamblang. Jadi, kata om gw pertamanya makanan ini adanya di desa Jamblang (So, this is history behind the name). Pedagang nasi jamblang ini keluarnya tengah malam menjelang pagi, pembelinya adalah para santri yang mau lanjut ngewirid. Jadi, sebelum lanjut ibadah mereka isi perut dulu (masuk akal, that's why gw selalu laper ternyata *itu mah cacingan*). Terus kenapa bentuknya kecil-kecil gitu? Mulai dari ukuran nasi, segala lauk emang kecil. Jadi katanya ini diperngaruhi sama kebudayaan Chinese di Cirebon, budaya yang dimaksud di sini adalah ngasi sesajen di kuil. Tau dong kalo bikin sesajen itu ukurannya emang mini-mini. Karena Cirebon kan salah satu kota pelabuhan yang rame sama para pedagang dari China pada masanya, dan ngasi pengaruh yang cukup besar. 

Siang menjelang sore,
nah ini nih satu jenis makanan yang baru gw temuin, daaaann enaaaakkk. Jadi, Jadi tersebutlah suatu nama makanan 'mie koclok'. Kirain gw pertamanya akan mirip dengan mie kocok bandung, ya namanya pan mirip-mirip tuh. Jadi di pikiran gw bakal dateng semangkok mie yang rasanya bakal sebangsa sama baso ato soto mie gitu. ternyata yang dateng penampakkanya seperti ini sodara-sodaraaaa..


Mie Koclok Cirebon, sekilas mirip bubur ayam
Iya banget emang, sekilas mirip bubur ayam dengan tambahan toping telor rebus. Setelah diaduk, ajaib penampakkannya jadi mirip salad, laahhhh?? Setelah dicobain, ga mirip apa-apaan karena emang enak banget. Jadi, mie koclok ini isinya adalah mie kuing basah, toge, kol, dimasukin dalem saringan trus dicelup beberapa kali dalam air panas, trus ditambahin bumbu yang mengandung santan sama aci (jadi kentel), diatasnya ditambahin suwiran ayam, telor rebus sama bawang goreng. Setelah diaduk dan ditambah sambel, kuning telornya yang nyampur sama bumbu itu bikin enaknya jadi kelewatan. Gw sama ade gw suka banget, soalnya pas ditawarin pesen lagi buat dibungkus, ga pake mikir lama-lama langsung DEAL.

Posisi woy? oiya, mie koclok ini lokasinya ga jauh dari rumah sepupu gw di daerah Klayan Cirebon. Dimana pastinya? sama gw juga ga paham, tapi yang jelas dari Cirebon ke arah Makam Sunan Gunung Jati. Nah liat-liat deh di sebelah kiri jalan. 

Malam,
waini dimana-mana gala dinner itu puncaknya. Jadi kemaren itu, untuk kedua kalinya gw ke tempat makan ini, nasi lengko Pagongan. Nasi lengko itu, sebenernya nasi biasa ditambah tahu, tempe, toge, timun, daun kucai, dan disiram pake dikit bumbu kacang. Cara makannya, semua bahan ditambahin kecap dulu trus diaduk rata. Salah satu cara makan nasi lengko yang enak di sini adalah dengan ditambahin sate kambing. Ini sate enaknya ga nyante deh beneran, empuuuk banget dagingnya, bumbunya pas dan salah satu treasurenya adalah lemaknya  yang langsung 'ilang' pas digigit, meleleh di mulut tapi ga nempel di langit-langit mulut kita. Nah loh, gimana tuh cara bikinnya? Pokoknya penampakkannya top bener deh, udah kaya kristal mengkilat-kilat gitu. So far ya, termasuk sate kambing paling top yang pernah gw cobain selama ini.

Nasi lengko sate kambing,  slruuuppp
Sebenernya ini adalah kali kedua gw makan di sini. Dulu yang pertama gw penasaran sama es durennya, tapi berhubung udah kekenyangan batal pesen. Nah, sebenernya niat kemaren makan di sini lagi adalah nyobain es durennya. Tapi sayang dua ribu kali sayang (karena sekarang jarak deket udah 2000), begitu kita ke sana gerobak es duren yang ada di depannya ga ada. Entah ga sedia ato emang udah abis. Wokelah, next time maybe. Denger baik-baik wahai es duren, kemana pun engkau pergi pasti aku satronin, healaahhh..

So, inilah edisi pertama food directory. Kayanya ga bisa nih diterusin malem ini juga, perut gw mendadak leper nulis beginian. See yaa.. 


Published with Blogger-droid v2.0.10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar